Selamat Datang Di Blog Kami

Pages

Thursday, July 11, 2019

VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH



VISI, MISI, DAN TUJUAN SEKOLAH

Tujuan Pendidikan Dasar /Menengah
Tujuan Pendidikan Nasional adalah berdasarkan rumusan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yaitu Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, inovati, trampil, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.  Adapun Tujuan Pendidikan Dasar adalah meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

A.      VISI SEKOLAH
Visi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan cita-cita atau impian sebuah organisasi yang ingin dicapai di masa depan. Atau dapat dikatakan bahwa visi merupakan pernyataan want to be dari organisasi. Dalam visi suatu organisasi terdapat juga nilai-nilai, aspirasi serta kebutuhan organisasi di masa depan.

Berdasarkan visi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo  “Terwujudnya masyarakat berpendidikan, berkualitas , beriman dan bertaqwa”, maka visi SDN Barengkrajan2  Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo adalah  Mewujudkan Peserta Didik Yang Cerdas, Terampil, Mandiri, serta Berkarakter Sesuai  Dengan Iman Dan Taqwa.
Indikator:
1.          Terwujudnya kebiasaan beribadah sesuai dengan ajaran agamanya dan berbudi pekerti luhur;
2.         Terwujudnya peserta didik yang cerdas, terampil, dan berbudaya sebagai sumber kearifan dalam bertindak;
3.         Terwujudnya pembelajaran secara PAKEM sebagai upaya meraih prestasi akademik dan non akademik yang unggul berbasis Iptek.

B.       MISI SEKOLAH
Misi merupakan sesuatu yang nyata untuk dituju serta dapat pula memberikan petunjuk garis besar cara pencapaian Visi. Berikut ini adalah misi SDN Barengkrajan2  Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo di dalam  pencapaian sebuah misi mengacu pada visi sekolah di atas, maka misi yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:
1.         Menumbuhkan Iman dan Taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa;
2.         Menumbuhkan Karakter dan Budaya Bangsa;
3.         Membentuk Pribadi yang Mandiri dan Berbudi Pengerti Luhur;
4.         Menciptakan pesrta didik yan Cakap dan Cerdas.

C.       TUJUAN SEKOLAH
Berdasarkan visi dan misi sekolah, Tujuan SDN Barengkrajan2  Kecamatan Krian Kabupaten Sidoarjo adalah:
1.         Terwujudnya warga sekolah yang melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agamanya;
2.         Terwujudnya pribadi peserta didik yang berkarakter, trampil, dan berakhlak mulia;
3.         Terlaksanyanya kegiatan pembelajaran secara PAKEM sebagai upaya meraih prestasi yang unggul berbasis Iptek dan pembiasaan gemar membaca;
4.         Terwujudnya semangat meraih prestasi dengan budaya kompetitif yang jujur, sportif bagi seluruh warga sekolah.

                                                                          







0 comments:

Post a Comment