SARANA DAN PRASARANA SEKOLAH
A. PENGERTIAN
1) Sarana adalah
perlengkapan pembelajaran yang dapat dipindah-pindah.
2) Prasarana adalah
fasilitas dasar untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.
3) Perabot adalah
sarana pengisi ruang.
4) Peralatan
pendidikan adalah sarana yang secara langsung digunakan untuk pembelajaran.
5) Media pendidikan
adalah peralatan pendidikan yang digunakan untuk membantu komunikasi dalam
pembelajaran.
6) Buku adalah karya
tulis yang diterbitkan sebagai sumber belajar.
7) Buku teks
pelajaran adalah buku pelajaran yang menjadi pegangan peserta didik dan guru
untuk setiap mata pelajaran.
8) Buku pengayaan
adalah buku untuk memperkaya pengetahuan peserta didik dan guru.
9) Buku referensi
adalah buku rujukan untuk mencari informasi atau data tertentu.
10) Sumber belajar
lainnya adalah sumber informasi dalam bentuk selain buku meliputi jurnal,
majalah, surat kabar, poster, situs (website), dan compact disk.
11) Bahan habis pakai
adalah barang yang digunakan dan habis dalam waktu relatif singkat.
12) Perlengkapan lain
adalah alat mesin kantor dan peralatan tambahan yang digunakan untuk mendukung
fungsi sekolah/madrasah.
13) Teknologi
informasi dan komunikasi adalah satuan perangkat keras dan lunak yang berkaitan
dengan akses dan pengelolaan informasi dan komunikasi.
14) Lahan adalah
bidang permukaan tanah yang di atasnya terdapat prasarana sekolah/madrasah
meliputi bangunan, lahan praktik, lahan untuk prasarana penunjang, dan lahan
pertamanan.
15) Bangunan adalah
gedung yang digunakan untuk menjalankan fungsi sekolah/madrasah.
16) Ruang kelas adalah
ruang untuk pembelajaran teori dan praktik yang tidak memerlukan peralatan
khusus.
17) Ruang perpustakaan
adalah ruang untuk menyimpan dan memperoleh informasi dari berbagai jenis bahan
pustaka.
18) Ruang laboratorium
adalah ruang untuk pembelajaran secara praktik yang memerlukan peralatan khusus
19) Ruang pimpinan
adalah ruang untuk pimpinan melakukan kegiatan pengelolaan sekolah/madrasah.
20) Ruang guru adalah
ruang untuk guru bekerja di luar kelas, beristirahat, dan menerima tamu.
21) Ruang tata usaha
adalah ruang untuk pengelolaan administrasi sekolah/madrasah.
22) Ruang konseling
adalah ruang untuk peserta didik mendapatkan layanan konseling dari konselor
berkaitan dengan pengembangan pribadi, sosial, belajar, dan karir.
23) Ruang UKS adalah
ruang untuk menangani peserta didik yang mengalami gangguan kesehatan dini dan
ringan di sekolah/madrasah.
24) Tempat beribadah
adalah tempat warga sekolah/madrasah melakukan ibadah yang diwajibkan oleh
agama masing-masing pada waktu sekolah.
25) Ruang organisasi
kesiswaan adalah ruang untuk melakukan kegiatan kesekretariatan pengelolaan
organisasi peserta didik.
26) Toilet adalah ruang untuk buang air besar dan/atau kecil.
27) Gudang adalah
ruang untuk menyimpan peralatan pembelajaran di luar kelas, peralatan
sekolah/madrasah yang tidak/belum berfungsi, dan arsip sekolah/madrasah.
28) Ruang sirkulasi
adalah ruang penghubung antar bagian bangunan sekolah/madrasah.
29) Tempat berolahraga
adalah ruang terbuka atau tertutup yang dilengkapi dengan sarana untuk
melakukan pendidikan jasmani dan olah raga.
30) Tempat bermain
adalah ruang terbuka atau tertutup untuk peserta didik dapat melakukan kegiatan
bebas.
B. SARANA PRASARANA
Sebuah SD/MI sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. laboratorium IPA,
4. ruang pimpinan,
5. ruang guru,
6. tempat beribadah,
7. ruang UKS,
8. toilet
9. gudang,
10. ruang sirkulasi,
11. tempat bermain/berolahraga.
Prasarana berkaitan dengan alat yang tidak langsung untuk mencapai tujuan
dalam pendidikan . misalnya : lokasi/tempat, bangunan
sekolah,lapangan olahraga, uang dan sebagainya. Sedangkan
sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan
pendidikan misalnya; Ruang, Buku, Perpustakaan, Laboratorium dan
sebagainya.
Menurut keputusan menteri P dan K No 079/ 1975, sarana pendidikan terdiri
dari 3 (tiga) kelompok besar yaitu :
a. Bangunan
dan perabot sekolah,
b. Alat pelajaran
yang terdiri dari pembukuan , alat-alat peraga dan laboratorium.
c. Media
pendidikan yang dapat di kelompokkan menjadi audiovisual yang
menggunakan alat penampil dan media yang tidak menggunaakan alat penampil.
Adapun
macam-macam sarana dan prasarana yang di perlukan di
sekolah demi kelancaran dan keberhasilan kegiatan
proses pendidikan sekolah adalah:
a. Ruang
kelas : tempat siswa dan guru melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.
b. Ruang perpustakaan:
tempat koleksi berbagai jenis bacaan bagi siswa dandari sinilah siswa
dapat menambah pengetahuan.
c. Ruang
laboratorium (tempat praktek): tempat siswa mengembangkan pengetahuan sikap dan
keterampilan serta tempat meneliti dengan
menggunakan media yang ada untuk memecahkan suatu masalah atau konsep
pengetahuan .
d.
Ruang keterampilan adalah tempat siswa
melaksanakan latihan mengenai keterampilan tertentu.
e. Ruang
kesenian: adalah tempat berlangsungnya kegiatan-kegiatan seni
f. Fasilitas
olah raga: tempat berlangsungnya latihan-latihan olah-raga.
3.
Komponen-komponen sarana dan prasarana pendidikan
a. Lahan
Lahan yang di
perlukan untuk mendirikan sekolah harus di sertai
dengantanda bukti kepemilikan yang sah
dan lengkap (sertifikat), adapun jenis lahantersebut
harus memenuhi beberapa kriteria antara lain :a Lahan
terbangun adalah lahan yang diatasnya berisi bangunan ,b Lahan terbuka adalah
lahan yang belum ada bangunan diatasnya.
1) Lahan kegiatan
praktek adalah lahan yang di gunakan untuk pelaksanaan kegiatan praktek
2) Lahan
pengembangan adalah lahan yang di butuhkan untuk pengembangan
bangunan dan kegiatan praktek.Lokasi sekolah harus berada di wilayah
pemukiman yang sesuai dengancakupan wilayah sehingga mudah di jangkau dan aman
dari gangguan bencana alam dan lingkungan yang kurang baik.
b. Ruang
Secara umum jenis
ruang di tinjau dari fungsinya dapat di kelompokkan dalam:
1) Ruang
pendidikan
Ruang
pendidikan berfungsi untuk menampung proses
kegiatan belajar mengajar teori dan praktek antara lain :
a) Ruang teori
sejumlah rombel
b) Ruang
perpustakaaan
c) Ruang
Laaboratorium
d) Ruang
kesenian
e) Ruang Olah
raga
f) Ruang
keterampilan
2) Ruang
administrasi
Ruang
Administrasi berfungsi untuk melaksanakan berbagai kegiatan
kantor, yang terdiri dari:
a) Ruang
kepala
sekolah
b) Ruang
tata usaha
c) Ruang
guru
d) Gudang
3) Ruang
penunjang
Ruang
penunjang berfungsi untuk menunjang kegiatan yang
mendukung proses kegiatan belajar mengajar antara
lain :
a) Ruang
Ibadah
b) Ruang
serbaguna
c) Ruang
koperasi
sekolah
d) Ruang UKS
e) Ruang OSIS
f) Ruang WC/
kamar mandi
g) Ruang BP
c. Perabot
Secara umum
perabot sekolah mendukung 3 (tiga) fungsi yaitu : fungsi pendidikan,
fungsi administrasi, fungsi penunjang. Jenis
perabot sekolah dikelompokkan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu:
1) Perabot
pendidikan
Perabot
pendidikan adalah semua jenis mebel yang di gunakan untuk
proses kegiatan belajar mengajar. Adapun Jenis,
bentuk dan ukurannya mengacu pada kegiatan itu sendiri.
2)
Perabot administrasi
Perabot
administrasi adalah perabot yang di gunakan untuk mendukung kegiatan
kantor. Jenis perabot ini banyak sekali ragam dan jenisnya.
3) Perabot
penunjang
Perabot penunjang adalah perabot yang
digunakan atau di butuhkan dalam ruang penunjang,
seperti perabot perpustakaan, perabot UKS, perabot OSIS
dan sebagainya.
d. Alat
dan media pendidikan
Setiap
mata pelajaran sekurang-kurangnya memiliki satu jenis
alat peraga praktek yang sesuai dengan keperluan pendidikan dan
pembelajaran,sehingga dengan demikian proses pembelajaran
tersebut akan berjalan dengan optimal.
1) Buku atau
bahan pembelajaran
Bahan
pembelajaran adalah sekumpulan bahan pelajaran yang di gunakan dalam kegiatan
proses belajar mengajar.
2) Buku pegangan
Buku
pegangan di gunakan oleh guru dan peserta didik sebagai acuan dalam
pembelajaran yang bersifat Normatif, adaptif dan produktif.
3) Buku pelengkap
Buku ini di
gunakan oleh guru untuk memperluas dan memperdalam penguasaan materi.
4) Buku
sumber
Buku ini dapat di
gunakan oleh guru dan peserta didik untuk memperoleh kejelasan
informasi mengenai suatu bidang ilmu / keterampilan.
5) Buku bacaan
Buku ini dapat di
gunakan oleh guru dan peserta didik sebagai bahan bacaan tambahan (non
fiksi) untuk memperluas pengetahuan dan wawasan serta sebagai bahan bacaan
(fiksi ) yang bersifat relatif.
6) PERPUSTAKAAN
Sebuah SD/MI sekurang-kurangnya memiliki prasarana sebagai berikut:
1. ruang kelas,
2. ruang perpustakaan,
3. laboratorium IPA,
4. ruang pimpinan,
5. ruang guru,
6. tempat beribadah,
7. ruang UKS,
8. toilet
9. gudang,
10. ruang sirkulasi,
11. tempat bermain/berolahraga.
Prasarana berkaitan dengan alat yang tidak langsung untuk mencapai tujuan dalam pendidikan . misalnya : lokasi/tempat, bangunan sekolah,lapangan olahraga, uang dan sebagainya. Sedangkan sarana berarti alat langsung untuk mencapai tujuan pendidikan misalnya; Ruang, Buku, Perpustakaan, Laboratorium dan sebagainya.
Menurut keputusan menteri P dan K No 079/ 1975, sarana pendidikan terdiri dari 3 (tiga) kelompok besar yaitu :
SD Negeri Bareng Krajan 2 ini mengembangkan perpustakaan menjadi perpustakaan konvensional, Sebagai pendukung pembelajaran, SD Negeri Bareng Krajan 2 telah memilki PERPUSTAKAAN sendiri yang koleksi buku-buku lengkap mulai dari buku penunjang pelajaran, kumpulan karya siswa, artikel, majalah, komik, dll. telah tersedia dengan jumlah yang cukup memadai.
Perpustakaan SD Negeri Bareng Krajan 2 juga dilengkapi dengan ruang baca yang nyaman dan luas karena dilengkapi dengan sarana elektronik yang menyenangkan.
Perpustakaan yang dikelola secara komputerisasi, ini bisa diakses melalui internet untuk memudahkan akses pencarian dan pendataan.
C. PENATAAN SARANA DAN PRASARANA
DI SEKOLAH
Sarana dan
prasarana merupakan sumber utama yang memerlukan penataan sehingga fungsional,
aman dan atraktif untuk keperluan proses belajar di sekolah.
Secara fisik sarana dan prasarana harus menjamin adanya kondisi yang higienik
dan secara psikologis dapat menimbulkan minat belajar, hampir dari separuh
waktunya siswa-siswa bekerja, belajar dan bermain di sekolah, karena itu
lingkungan sekolah (sarana dan prasarana) harus aman, sehat, dan menimbulkan
presefesi positif bagi siswa-siswanya.
Lingkungan yang
demikian dapat menimbulkan rasa bangga dan rasa memiliki siswa terhadap
sekolahnya. Hal ini memungkinkan apabila sarana dan prasarana itu fungsional
bagi kepentingan pendidikan. Dalam hal ini guru sangat berkepentingan untuk
memperlihatkan unjuk kerjanya dan menjadikan lingkungan sekolah sebgai asset
dalam proses belajar mengajar.
D. PENGARUH SARANA DAN PRASARANA
DI SEKOLAH DALAM MENUNJANG KUALITAS SISWA
a. Ruang kelas adalah tempat siswa dan guru melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar.
b. Ruang perpustakaan adalah tempat koleksi berbagai jenis bacaan bagi siswa dandari sinilah
siswa dapat menambah pengetahuan.
c. Ruang
laboratorium (tempatpraktek) adalah tempat siswa
mengembangkan pengetahuan sikap dan
keterampilan serta tempat meneliti dengan menggunakan
media yang ada untuk memecahkan suatu masalah atau konsep pengetahuan .
d. Ruang keterampilan adalah
tempat siswa melaksanakan latihan mengenai keterampilan tertentu.
e. Ruang kesenian:
adalah tempat berlangsungnya kegiatan-kegiatan seni
f. Fasilitas
olah raga: tempat berlangsungnya latihan-latihan olah-raga.
E. KETENTUAN MINIMUM STANDAR
SARANA DAN PRASARANA YANG HARUS DI MILIKI OLEH SEKOLAH
Standar sarana dan
prasarana ini mencakup :
1. kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot, peralatan pendidikan,
media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan
komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap
sekolah/madrasah,
2. kriteria minimum prasarana yang terdiri dari lahan, bangunan,
ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh setiap
sekolah/madrasah.
1. kriteria minimum sarana yang terdiri dari perabot, peralatan pendidikan, media pendidikan, buku dan sumber belajar lainnya, teknologi informasi dan komunikasi, serta perlengkapan lain yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah,
2. kriteria minimum prasarana yang terdiri dari lahan, bangunan, ruang-ruang, dan instalasi daya dan jasa yang wajib dimiliki oleh setiap sekolah/madrasah.
0 comments:
Post a Comment